Senin, 02 Januari 2012


PENILAIAN KINERJA GURU

PKG
Penilaian Kinerja Guru
Masyarakat dan pemerintah mempunyai kewajiban untuk mewujudkan kondisi yang memungkinkan guru dapat melaksanakan pekerjaanya secara profesional, bukan hanya untuk kepentingan guru, namun juga untuk pengembangan peseta didik dan demi  masa depan bangsa Indonesia. Dalam rangka membangun profesi guru sebagai profesi yang bermartabat itulah maka perlu dilaksanakan penilaian kinerja guru ( PK Guru ) secara berkelanjutan dan teratur.
Pelaksanan PK Guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya PK Guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualtas layanan profesi yang bermutu.
Hasil PK Guru nantinya dapat dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja guru sebagai input dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB )  Hasil PK Guru juga merupakan dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam pengembangan karir guru sebagaimana diamanatkan dalam Permennegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru  dan Angka Kreditnya. Jika semua ini dilaksanakan dengan baik dan obyektif, maka cita-cita pemerintah untuk menghasilkan”insan yang cerdas komprehensif dan berdayasaing tinggi” lebih cepat direalisasaikan.
Untuk lebih jelasnya apa itu PK Guru, silakan download buku tentang PK Guru. Silakan klik BUKU Pedoman Pelaksanaan PK Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar